Sabtu, 22 Maret 2014

PT ETERINDO WAHANATAMA Tbk ( ETWA )

PROFIL PERUSAHAAN
NAMA PERUSAHAAN       : PT ETERINDO WAHANATAMA Tbk

BIDANG USAHA                 :   - Industri biodiesel berbasis kelapa sawit
                                                  - Perdagangan produk-produk kimia
                                                  - Perkebunan kelapa sawit

ALAMAT PERUSAHAAN  : Kantor Pusat
                                                  Chaze Plaza 11th floor
                                                  Jl. Jend. Sudirman Kav. 21
                                                  Jakarta 12920, Indonesia
                                                  Telp        : (62-21) 2598 9838
                                                  Fax         : (62-21) 2958 9839
                                                  Email      : corsec@eterindo.com
                                                                  Investor.relations@eterindo.com
                                                  Website  : www.eterindo.com

ENTITAS ANAK                  : PT ANUGERAHINTI GEMANUSA
                                                   Pabrik
                                                  Jl. Prof. Dr. Moh. Yamin SH
                                                  PO Box 54, Gresik 61118
                                                  Jawa Timur
                                                  Telp   : (62-31) 395 0838
                                                  Fax    : (62-31) 395 1950

                                                 PT MALINDO PERSADA KHATULISTIWA &
                                                 PT MAISKA BHUMI SEMESTA
                                                   Kantor Perwakilan
                                                   Komplek Mega Mall Blok G No. 15
                                                   Jl. Jend. A. Yani, Pontianak 78122
                                                   Kalimantan Barat
                                                   Telp   : (62-0561) 765812
                                                   Fax    : (62-0561) 762256

SEKILAS TENTANG PERSEROAN

            PT Eterind Wahanatama Tbk (ETWA) didirikan pada tanggal 6 Maret 1992 dalam rangka Undang-undang Penanaman Modal Dalam Negeri No. 6 Tahun 1968 yang telah diubah dengan Undang-Undang No. 12 Tahun 1970 berdasarkan akta notaris Annie Sri Rahmani Hendrotomo, SH., No. 3, notaris pengganti Raden Santoso, SH. Akta pendirian ini disahkan oleh Menteri Kehakiman dalam surat keputusan No. C2-4561.HT.01.01.Th.93 tanggal 11 Juni 1993. Anggaran Dasar Perusahaan telah mengalami beberapa kali perubahan, terakhir dengan akta notaris Veronica Nataatmadja, SH., M.Corp., M.Com. No. 42 tanggal 22 November 2012 mengenai antara lain, penurunan modal saham perusahaan sehubungan dengan kuasi reorganisasi. Akta perubahan anggaran dasar telah disetujui oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Surat Keputusan nomor AHU-03448.AH.01.02 Tahun 2013 tanggal 30 Januari 2013. Sesuai dengan Pasal 3 Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Perusahaan bergerak dalam bidang perkebunan, perdagangan, pembangunan, dan perindustrian. Perusahaan saat ini bertindak sebagai perusahaan investasi dan perusahaan perdagangan. Perusahaan memulai kegiatan komersialnya pada tahun 1996. Saat ini, perusahaan melaksanakan usaha perdagangan dan distribusi Phtalic Anhydride (PA), Dioctyl Phthalate (DOP), Biodiesel Fatty Acid Methyl Ester (FAME), dan barang-barang kimia lainnya. Perusahaan tidak memiliki entitas induk dan entitas induk terakhir karena tidak terdapat entitas yang memiliki pengendalian signifikan atas perusahaan.
ETWA adalah perusahaan terkemuka yang berorientasi pada sumber daya alam terdiversifikasi dengan memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah melalui pengembangan industri hulu dan hilir ramah lingkungan pada kegiatan usahanya di bidang energi terbarukan terpadu – biodiesel berbasis minyak kelapa sawit (cpo), pelopor dan salah satu produsen biodiesel terkemuka di Indonesia (PT Anugerahinti Gemanusa “AG”) dan perkebunan kelapa sawit terpadu serta berbagai produk yang dihasilkannya (PT Malindo Persada Khatulistiwa “MPK” dan PT Maiska Bhumi Semesta “BMS”).
            Perseroan telah memiliki pabrik biodiesel yang berkapasitas produksi terpasang 140.000 MT/tahun dengan standar kualitas produk nasional (SNI) dan internasional. Perseroan memiliki konsesi perkebunan kelapa sawit lebih kurang seluas 40.000 ha (termasuk area plasma). Total area yang tertanami hingga akhir tahun 2012 seluas 5.714 ha (termasuk area plasma). Diharapkan pada tahun 2015 total area seluas ± 24.000 ha dapat tertanami semua.
            Selanjutnya Perseroan akan mengembangkan industri hilir kelapa sawit tidak saja untuk bahan baku biodiesel tetapi juga industri hilir lainnya. Perseroan memiliki komitmen untuk mengembangkan industri hulu dan hilir dengan merujuk RSPO dan ISPO serta pembangunan yang berkelanjutan.

            Pihak Perseroan percaya, integrasi bisnis ini dapat memberikan nilai tambah bagi Perseroan.


VISI & MISI PERUSAHAAN

VISI

      Menjadi perusahaan terkemuka di Asia Tenggara dalam bidang energi terbarukan, agrobisnis, dan perdagangan produk-produk kimia.

MISI
·        
            KEPUASAN PELANGGAN
            Memberikan pelayanan berkualitas terbaik kepada semua pelanggan
·         INTEGRITAS
Selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, loyalitas, dan efektivitas dari setiap personil
·         INOVASI
Selalu melakukan inovasi secara terus menerus
·         KERJA TIM
Kerjasama yang erat sebagai tim kerja yang kokoh
·         KOMPETENSI
Memiliki kompetensi yang tinggi
·         PENGEMBANGAN USAHA
Mengembangkan usaha-usaha baru yang lebih potensial dan bermanfaat bagi kinerja perusahaan dan lingkungan


TINJAUAN USAHA

Biodiesel
            Biodiesel sebagai bahan bakar yang terbuat dari sumber energi terbarukan yang dapat menggantikan bahan bakar energi fosil. Berdasarkan fakta tersebut, perusahaan terus meningkatkan penjualan biodiesel. Untuk memenuhi target, perusahaan meningkatkan kapasitas produksi biodiesel dari 70.000 MT/Tahun dua kali lipat menjadi 140.000 MT/Tahun.

Produk Kimia
            Saat ini perusahaan tetap melakukan perdagangan produk kimia khusus karena usaha ini masih memerikan keuntungan bagi perusahaan. Perusahaan masih memiliki jalur distribusi luas untuk penjualan produk kimia khusus ini. Produk-produk kimia yang diperdagangkan antara lain Resin Sintetis, Glycerine, dan produk kimia khusus.

Perkebunan
            Untuk mengantisipasi keperluan pasokan bahan baku yang berkesinambungan bagi produk biodiesel, perusahaan juga menjalankan kegiatan usaha perkebunan kelapa sawit melalui entitas anak (MPK dan MBS) yang saat ini masih dalam tahap pengembangan.

PROSPEK USAHA

Biodiesel
         Salah satu konsumsi domestik yang menglaami peningkatan dari tahun ke tahun adalah konsumsi energi seiring dengan pertumbuhan sektor industri dan pertumbuhan kelas menengah di Indonesia terutama energi fosil yang relatif tinggi.
            Potensi permintaan biodiesel dari sektor transportasi meningkat seiring dengan laju pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang termasuk terbesar di dunia, bahkan pada sektor industri pertambangan juga cukup menjanjikan.

Produk Kimia
      Permintaan industri manufaktur atas produk bahan kimia dasar akan berjalan seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Perkebunan
            Seiring dengan pertumbuhan populasi penduduk dunia, tingginya tingkat urbanisasi serta peningkatan pendapatan per kapita, permintaan yang datang dari aplikasi energi sangat mendukung usaha perkebunan terutama kelapa sawit. Melihat prospek tersebut, perusahaan menargetkan dapat menjadi salah satu produsen kelapa sawit terbesar di masa mendatang.

PEMASARAN

Pemasaran produk-produk dilakukan langsung oleh perusahaan. Memberikan kepuasan kepada pelanggan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua karyawan perusahaan.
Untuk produk biodiesel, saat ini perusahaan hanya melakukan penjualan lokal. Selain untuk memenuhi kebutuan nasional juga adanya peraturan pemerintah mengenai Domestic Market obligation (DMO). Produk biodiesel sebagian besar dijual ke Pertamina dan sisanya dijual ke konsumen lainnya.
Penjualan produk kimia juga masih ditujukan untuk pasar lokal. Strategi pemasaran yang dilakukan adalah mempertahankan pelanggan lama dan menambah jumlah pelanggan baru dengan memberikan harga yang kompetitif. Sedangkan pada sektor perkebunan, perusahaan mengharapkan panen perdana pada tahun 2013. Produk kemudian akan dijual kepada pabrik kelapa sawit pihak ketiga yang berada tidak jauh dari lokasi perkebunan perusahaan. 

STRUKTUR ORGANISASI


AUDITOR INDEPENDEN
   
     Nama Perusahaan Auditor : Grant Thornton
     Alamat : 15th Floor International Financial Centre
                   Jalan Jend. Sudirman Kav. 22-23
                   Jakarta Selatan 12920, Indonesia

LAPORAN AUDITOR
        Menurut pendapat kami, laporan keuangan konsolidasian yang kami sebut di atas menyajikan secara wajar, dalam semua hal material, posisi keuangan konsolidasian PT Eterindo Wahanatama Tbk dan entitas anak anak tanggal 31 Desember 2012, 30 Juni 2012, dan 31 Desember 2011, dan hasil usaha serta arus kas konsolidasian untuk periode enam bulan yang berakhir pada tanggal-tanggal 31 Desember 2012 dan 30 Juni 2012 serta tahun yang berakhir pada tanggal-tanggal 31 Desember 2012 dan 2011 sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia.
        Audit kami laksanakan dengan tujuan untuk menyatakan pendapat atas laporan keuangn konsolidasian secara keseluruhan. Informasi keuangan tambahan PT Eterindo Wahanatama Tbk, entitas induk saja, tanggal 31 Desember 2012, 30 Juni 2012, dan 31 Desember 2011 dan untuk periode enam bulan yang berakhir pada tanggal-tanggal 31 Desember 2012, 30 Juni 2012, dan 31 Desember 2011 serta tahun yang berakhir pada tanggal-tanggal 31 Desember 2012 dan 2011, disajikan untuk tujuan analisis tambahan dan bukan merupakan bagian laporan keuangan konsolidasian yang diharuskan menurut Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia. Informasi keuangan tambahan tersebut, telah menjadi objek prosedur audit yang kami terapkan dalam audit atas laporan keuangan konsolidasian dan, menurut pendapat kami disajikan secara wajar, dalam semua hal yang material, berkaitan dengan laporan keuangan konsolidasian secara keseluruhan.

ALASAN INVESTOR ASING BERMINAT
        Penjualan dan laba yang diperoleh perusahaan dari tahun terus menerus meningkat. Sedangkan berdasarkan fluktuasi saham perusahaan di mana pada tahun 2012 harga saham tertinggi Rp 520,- dan terendah Rp 280,-. Dengan kondisi keuangan yang stabil ditambah sektor industri biodiesel yang sedang dalam pertumbuhan pesat, banyak investor yang ingin menanamkan modalnya di perusahaan, terutama investor asing. Menurut investor daily, langkah perusahaan memperkuat sektor hulu untuk mengamankan bahan baku produksi biodiesel juga akan menjadi momentum kenaikan harga ETWA. Harga saham perusahaan masih sangat mungkin untuk terus naik ke angka yang lebih tinggi. Berikut ini adalah daftar pemegang saham pada PT Eterindo Wahanatama (ETWA):

-          Watervale Worldwide Inc                                                                     21,83%
-          Centrin Telecom Ltd                                                                           14,26%
-          Hadisan Sridjaja                                                                                   7,48%
-          Osville Energy Corp. (s) Pte Ltd                                                           6,35%
-          BNYM SA/NY As Cust. Of Bank of Singapore Limited                       5,72%
-          Goh Cheng Beng (Allan Goh) (President Commissioner)                        0,02%
-          Jasin Sridjaja (Commisisoner)                                                                0,06%
-          Kepemilikan di bawah 5%                                                                   44,29%




Sumber:


Annual Report Tahun 2012 PT ETERINDO WAHANATAMA (ETWA)
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar