Rabu, 11 Mei 2011

Pendapatan Perkapita Indonesia Pada Sektor Pertanian, Peternakan, Kehutanan, dan Perikanan

     Pendapatan perkapita adalah besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara. Pendapatan perkapita didapatkan dari hasil pembagian pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk negara tersebut. Pendapatan perkapita juga merefleksikan PDB per kapita.
Pendapatan perkapita sering digunakan sebagai tolak ukur kemakmuran dan tingkat pembangunan sebuah negara, semakin besar pendapatan perkapitanya, semakin makmur negara tersebut. Beberapa sektor yang mempengaruhi pendapatan perkapita suatu negara antara lain:

1. Sektor Pertanian

   Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang termasuk dalam pertanian biasa difahami orang sebagai budidaya tanaman atau bercocok tanam. Sektor pertanian merupakan sektor yang sangat mempengaruhi pendapatan perkapita suatu negara. Indonesia sendiri sangat mengandalkan sektor pertanian. Sejarah Indonesia sejak masa kolonial sampai sekarang tidak dapat dipisahkan dari sektor pertanian dan perkebunan, karena sektor - sektor ini memiliki arti yang sangat penting dalam menentukan pembentukan berbagai realitas ekonomi dan sosial masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. Berdasarkan data BPS tahun 2002, bidang pertanian di Indonesia menyediakan lapangan kerja bagi sekitar 44,3% penduduk meskipun hanya menyumbang sekitar 17,3% dari total pendapatan domestik bruto. 

2. Sektor Peternakan

    Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut.
Pengertian peternakan tidak terbatas pada pemeliharaaan saja, memelihara dan peternakan perbedaannya terletak pada tujuan yang ditetapkan. Tujuan peternakan adalah mencari keuntungan dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen pada faktor-faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal.
Peternakan merupakan salah satu penunjang sektor pertanian. Mayoritas petani-petani Indonesia selain bercocok tanam mereka juga menggarap sektor peternakan. Tujuan peternakan juga untuk meningkatkan pendapatan perkapita suatu negara, selain untuk bisnis yang mendatangkan keuntungan.

3. Sektor Kehutanan

    Kehutanan adalah suatu praktik untuk membuat, mengelola, menggunakan dan melestarikan hutan untuk kepentingan manusia. Hasil hutan yang berupa kayu, getah, rotan, dll. merupakan salah satu devisa terbesar Indonesia. Dari sektor ini juga yang sangat mempengaruhi pendapatan perkapita Indonesia.

4. Perikanan

    Perikanan adalah kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya ikan dan lingkungannya mulai dari praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran, yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan. Perikanan terbagi menjadi dua, yaitu perikanan darat (air tawar) dan perikanan laut (air asin). Sektor ini juga menjadi salah satu sektor penyumbang devisa bagi indonesia, yang tentunya mempengaruhi pendapatan perkapita Indonesia.

Di bawah ini adalah tabel pendapatan perkapita Indonesia dari tahun 2005-2010, dari keempat sektor di atas dan sektor-sektor lainnya:



Sumber:
    wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar