Rabu, 28 November 2012

RESENSI BUKU



Judul                : Skripshit: Kisah Sesat Mahasiswa Abadi
Penulis            : Alitt Susanto
Penerbit          : Bukune
Tahun terbit     : Maret 2012
Tebal               : 304 halaman
ISBN                : 9786022200314
Rating              : 4/5

Buku ini menceritakan bagaimana kehidupan si penulis di dunia perkuliahan. Mulai dari pertama masuk kuliah sampai pada akhirnya menjadi mahasiswa paling lama alias nggak lulus-lulus, tips-tips bagi para mahasiswa (terutama mahasiswa abadi) cara ngeles saat ditanya junior, kerja kerasnya untuk “bertahan hidup” di dunia kampus, dan cerita masa lalunya.

Gaya penulisannya yang apa adanya ditambah dengan bahasa yang lucu dijamin akan membuat pembaca ngakak. Yang paling saya suka, dibalik cerita-ceritanya di kampus yang bikin ketawa, di akhir cerita Alitt menuliskan kisah kehidupannya yang akan membuat pembaca merenung. Tidak banyak penulis yang mampu menghadirkan emosi tersendiri bagi pembacanya seperti ini.




Sinopsis:
MAPALA, Mahasiswa Paling Lama. Ya, itu adalah gelar yang melekat di diri gue. Bayangin aja, belasan semester dan ratusan SKS sudah gue jalani dengan status mahasiswa, dan gue belum juga berhasil meraih mimpi memegang ijazah dan memakai toga.
Gara-gara status ini pula, gue jadi punya skill tambahan: pintar ngeles.

Misalnya ada yang nanya, “Lo kuliah kok gak lulus-lulus? Emang ngambil apaan sih?”

Gue jawab, “Ngambil hikmahnya....”

Atau kalau adik-adik angkatan yang masih unyu nanya, “Kakak angkatan berapa?”

Gue jawab, ”Dua ribu tua....”

Tapi sebenarnya, tidak lulus dulu adalah pilihan gue. For your information, gue paling takut dapet gelar “Pengangguran”. Di mata gue, sebutan “Mahasiswa” lebih enak didengar daripada “Sarjana Pengangguran”. Ditambah lagi pepatah dari negeri seberang yang selalu terngiang di telinga: “Wisuda adalah pengangguran yang tertunda.”

Oke... itu gue aja sih ngeles....
Ini gue, sang Tuna-Wisuda, dan cerita gue tentang bertahan hidup di belantara kampus...

Nah, setelah membaca sinopsisnya pasti kita sudah menduga isi dari buku ini. Tapi, pembaca pasti tidak menduga jika di antara cerita-cerita lucunya, Alitt menyelipkan cerita masa lalunya yang akan membuat pembaca sekalian termenung. Ya, di bab yang berjudul LIFE IS A JOURNEY, Alitt menceritakan masa kecilnya yang selalu berprestasi namun kurang mendapat perhatian dari orangtuanya, hingga akhirnya.............. . Hehe, penasaran? Makanya baca bukunya.

Menurut saya pribadi, buku ini sangat layak dibaca oleh siapapun. Dan sangat direkomendasikan kepada mahasiswa dan calon mahasiswa. Selain tertawa, banyak hikmah yang dapat kita ambil dari buku ini. Sesulit apapun kehidupan kita, jangan pernah menyerah. Kerja keras dan doa-lah yang akan merubah kehidupan kita kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar