Kamis, 31 Maret 2011

LAB INTERNET DASAR

Laboratorium Internet Dasar Universitas Gunadarma, tempat di mana saya mendapatkan pengetahuan dasar  tentang internet. Mulai dari pengertian dari apa itu internet, sejarah internet, perangkat yang dibutuhkan untuk melakukan koneksi internet, dan hal-hal lainnya mengenai internet. Itu baru sebagian kecil dari yang saya dapatkan dari LABINTDAS ini. Dengan pengetahuan ini, saya jadi lebih memahami kegunaan internet yang sebenarnya. Biasanya, hal yang yang pertama kali kita lakukan saat ber-internet ria ya paling membuka situs jejaring sosial, bermain game, atau yang lebih bermanfaat seperti mencari tugas dan informasi lainnya.


Selain belajar mengenai pengetahuan dasar dari internet, di lab juga diajarkan tentang search engine, blog, dan bagaimana cara menggunakannya serta komponen apa saja yang ada di dalamnya. Misalnya saja google. Di google, ada komponen-komponen seperti spider, crawler, database, resort engine, dan webserver yang memiliki kegunaan masing-masing.

Di lab internet dasar ini yang mengajar bukanlah dosen seperti biasanya, melainkan senior-senior yang berkompeten di bidangnya, yang diangkat menjadi tutor dan asisten lab. Dengan begini, kita bisa lebih dekat dengan senior, dan suasana lab juga tidak terlalu serius, ada santainya juga.

Tutor yang mengajar juga baik, kompeten, asik orangnya, dan juga baik memberi nilai. Di Labintdas ada sistem nilai plus dan nilai max. Nilai plus diberikan jika kita bisa menjawab pertanyaan yang bobotnya sedikit mudah, dan nilai max diberikan jika kita mampu menjawab pertanyaan tutor yang bobotnya lebih sulit dari pertanyaan nilai plus. Dengan begini kita jadi semangat untuk berlomba-lomba mendapatkan nilai. Tutor saya bernama kak Fauzi.

Di Labintdas, kita memulai praktikum dengan mengerjakan tes awal. Tes ini berupa pertanyaan yang diberikan oleh tutor. Waktu pengerjaan berkisar antara 15 sampai 20 menit. Tes awal dikerjakan di kertas selembar dan dikumpulkan untuk dinilai. Setelah semua praktikan mengumpulkan tes awal, barulah materi dijelaskan oleh tutor. Waktu praktikum kurang lebih 2 jam. Saat sesi materi, selain tutor menjelaskan, praktikan juga diberi pertanyaan. Bagi yang bisa menjawab, maka diberikan nilai plus seperti yang saya terangkan di atas. Cara penyampaian materi juga cukup menyenangkan, tidak membuat praktikan bosan. Terkadang ada praktikan yang sedikit “nyeleneh”  dengan memberi sedikit guyonan. Hal tersebut membuat suasana praktikum tambah santai, tapi tetap serius.

Jika sesi praktikum sudah selesai, selanjutnya tutor memberi tugas berupa laporan akhir, yang dikumpulkan pada hari praktikum selanjutnya. Laporan akhir ini juga berfungsi sebagai “tiket” untuk mengikuti praktikum selanjutnya. Apabila kita tidak mengumpulkan atau tidak mengerjakan laporan akhir ini, maka kita tidak diperbolehkan untuk mengikuti sesi praktikum selanjutnya.

Di Labintdas juga ada kartu praktikan. Setiap praktikan diwajibkan membawa kartu, untuk membuktikan bahwa kita benar-benar praktikan yang sah. Dengan adanya kartu ini juga berfungsi untuk mencegah adanya “joki”, karena di kartu harus ditempelkan foto.

Namun kekurangannya adalah jumlah komputer yang bisa digunakan atau nyala hanya beberapa atau tidak semuanya dapat digunakan. Selain itu, pertemuan pertama dan kedua jaringan internetnya tidak dapat digunakan, karena ada sedikit gangguan teknis. Hal ini sangat disayangkan mengingat praktikum ini adalah praktikum mengenai internet, tetapi praktikan tidak bisa menggunakan fasilitas internet di dalam lab. Jadi apabila kita ingin browsing maka kita hanya bisa menggunakan handphone. Mungkin bukan hanya saya saja yang mengeluh tentang hal ini, tetapi juga seluruh praktikan yang ikut praktikum. Padahal, ruangan lab sangat nyaman dan sangat layak untuk dipakai.

Namun hal tersebut tidak menjadi masalah besar, karena tertutup oleh penjelasan dari tutor. Selain itu, penjelasan dari tutor bisa diulang di rumah yang jaringan dan koneksi internetnya tidak bermasalah. Kekurangan juga tertutupi dengan ilmu yang kita dapatkan dari lab ini. Selanjutnya, saya berharap agar jaringan internet di lab diperbaiki sehingga praktikan merasa tambah nyaman saat praktikum.

Selain itu, saya juga ingin memberi saeran agar pc di lab lebih dimaksimalkan, karena selama ini komputer di lab belum semuanya dapat digunakan. Mungkin karena ada yang rusak atau ada yang error, selanjutnya dapat diperbaiki.

Saya juga ingin berterima kasih terhadap tutor saya yaitu kak Fauzi, yang selama ini telah membimbing kami dan mengajar kami dengan pengetahuan yang bermanfaat. Terima kasih juga untuk kakak-kakak asisten lab yang lain, yang telah banyak membantu di lab. Walaupun hanya 3 pertemuan di lab, tetapi itu sangat bermanfaat buat saya.

Saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah dan juga apabila saya melakukan kesalahan saat praktikum. Terima kasih untuk pengetahuan yang kakak berikan kepada saya dan teman-teman praktikan yang lain.
SUKSES SELALU UNTUK LAB INTERNET DASAR UNIVERSITAS GUNADARMA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar