Kamis, 14 Februari 2013

And Then We Called Us...GOTHRA

Beberapa bulan yang lalu, tepatnya April 2012 gue sempet berhenti jadi additional gitaris sebuah band. Sejak itu juga gue nyaris bener-bener berhenti ngeband karena gue pengen fokus kuliah. Ada beberapa kawan gue yang hubungin gue buat jadi additional ataupun jadi gitaris tetap band mereka. Tapi semua gue tolak.. (bukan sombong nih yak, tapi emang gue lagi males ngeband). *Waktu berlalu begitu cepat*

Beberapa bulan kemudian, gue lupa tepatnya yang jelas ngga lama setelah Noah merilis album barunya, ada seorang kawan baik gue namanya Bernad, ngobrol sama gue. Awalnya dari sharing tentang Mr. Big dan lagu-lagunya, hingga akhirnya salah satu dari kita nyeletuk (gue lupa dia apa gue yang nyeletuk) "Bikin band yuk ah, kita cover lagu-lagunya Mr. Big sama band rock lain yang asik". Nah singkat cerita gue ama doi sepakat nih mau bikin band lagi. Entah kenapa tiba-tiba gue langsung semangat lagi buat main musik. Apalagi gue tau Bernad itu multi talent, dari main gitar, bass, drum, dan nyanyi dia bisa. Sampe rumah ngga pake lama gue langsung ambil gitar (yang sudah gue abaikan berbulan-bulan dan sedikit karatan senarnya) dan mulai ngulik lagunya Mr. Big. Dan hasilnya....ancur. Ternyata selama bebarapa bulan gue jarang fingering itu berpengaruh terhadap ilmu kegitaran gue. Speed lambat, power ngga ada, tempo rada berantakan. yaaaa lo pada tau kan Paul Gilbert mainnya kayak apaan? dengan kondisi gue yang begini gue mustahil "ngejar" part-part gitarnya dia.


*Lupakan bagian pas gue ngulik*

Besok-besoknya di kampus gua ama Bernad ngobrol lagi tentang kelanjutan band kita. Oiya, gue ama Bernad itu sekelas dari semester 1 hingga lulus nanti. Kali ini dia ngasih gue lagunya Gecko yang judulnya Pasti Cemburu. Sebenernya gue udah tau lama nih lagu, pas mereka baru-baru juara LA Indiefest kalo ngga salah. Dan kebeneran, gue juga pengen banget bawain nih lagu. Obrolan berlanjut untuk menentukan siapa aja yang bakal kita tarik buat gabung di band ini. Gue usulin aja si Kiki sama Dimas. Mereka berdua dulu pernah 1 band juga sama gue, pas semester 1&2. Mereka berdua juga dulu sekelas sama gue sama Bernad, cuma pas semester 3 kita beda kelas kecuali gue ama Bernad. Bernad oke-oke aja. Nah untuk instrumen udah keisi semua nih, gue sama Bernad gitar, Kiki Bass, dan Dimas drum. Tinggal 1 lagi nih buat ngisi barisan terdepan, vokalis. Gue sih pengennya vokalis cewek. Dan ternyata yang lain juga pengennya vokalis cewek. Bernad langsung nyeletuk "gimana kalo Bora? suaranya serak-serak woles gitu, pasti mantep nih". Gue si oke-oke aja, meskipun gue belom denger Bora nyanyi. Oiya. Bora itu temen sekelas gue ama Bernad juga. Dimas sama Kiki yang belum kenal Bora, ngangguk-ngangguk aja. Yaudah coba aja dulu, kata mereka berdua.

Dan kebeneran lagi nih, ngga lama setelah obrolan itu, temen2 kelas gue paa ngajakin karaokean. Dan ada Bora juga. Kesempatan nih buat dengerin Bora nyanyi. Sayangnya, si Bernad ngga bisa ikut waktu itu. Yaudahlah biar gue aja yang nilai nanti suara Bora kek gimana. *Pas Bora nyanyi* JEGERRRR!!! Gue terpesona. Ini nih yang kita cari, yang model begini nih. Cocok deh sama warna musik band kita (padahal mah belom tau ni band bakal kayak apa alirannya). Suara mantep, tampang lebih mantep lagi. Bener-bener pokalis ideal ini mah. Ngga pake lama, gue langsung laporan ke yang lain.

Tibalah saat yang dinanti, brifing pertama. Kita kumpul berlima, meresmikan berdirinya band ini dengan disaksikan sekitar 16 pasang mata temen-temen kita. Menyatukan idealisme masing-masing dan ngobrol-ngobrol layaknya sebuah band, memilih lagu-lagu yang akan kita cover, dan menentukan band ini akan seperti apa nantinya. Yang jelas, kita bukan band "pasaran". Bisa dibilang kita band yang idealisnya.

*Waktu berlalu, ku masih tetap sendiri...eh, itu mah lirik lagunya Gecko -__-*

Belom juga ngumpul lagi buat latihan atau gimana, si Dimas ngabarin kalo ada acara di Epicentrum, kita mau manggung apa engga?

Serentak anak-anak menjawab "SIAP!!!"

Buset dah, pede banget ini bocah-bocah. Tapi ngga apa-apa, itu yang gue seneng dari mereka. Dan problem itu muncul....

Dimas          : Nama band kita apaan?
Anak-anak  : Kaga tau dah, terserah dah mau apaan namanya..

Kita belom punya nama buat band ini -____- mungkin ini sedikit bodoh..

Akhirnya Dimas usul gimana kalo nama band ini 'Gothra'? Yang lain setuju, tapi tetep nanya dengan muka bego, "Gothra apaan Dim artinya?"

Dimas ngejelasin, Gothra itu diambil dari bahasa sansekerta yang artinya berani. Kenapa? Karena belom apa2 kita udah berani manggung, padahal baru sekali ngumpul dan belom latihan sama sekali. Dan akhirnya anak2 pun memberi definisi yang lebih luas dari Gothra. Gothra itu berani, berani berkarya, berani menyuguhkan sesuatu yang berbeda dari yang sudah ada, berani melawan arus, berani mengenalkan musik kita sendiri, dan pokoknya berani dalam hal yang positif.

Dan sejak saat itu, we called us.....GOTHRA :)

Sekalian promosi ah..
Perkenalkan, kami adalah Gothra, band anak muda yang berasal dari Universitas Gunadarma, Depok. Kami tidak terpaku pada satu aliran musik. Influence kita ada Paramore, Evanescence, Geisha, Cokelat, Gecko, dan terakhir Revara :D masih banyak sih sebenernya, tapi yang bener-bener kita suka ya mereka. Siapa saja Gothra itu? ini lah mereka:

- Eunike Bora Amelia ( Bora, vocal ) --->>> @eunikeamelia
- Muhammad Faisal ( Ical, Guitar ) --->>> @MhmmdFaisal
- Bernadus Carlo S. ( Bernad, Guitar/Backing vocal) --->>> @bernaduscarlo
- Kiki Herdiyawan ( Kiki, Bass ) --->>> @kikiempoy
- Dimas Agung P. (Dimas, Drum) --->>> @dimasagungp

Bagi yang mau tau Gothra lebih dekat, bisa follow: @_Gothra dan cek this http://reverbnation.com/gothra

Thank you and enjoy our music!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar