Jumat, 01 Oktober 2010

TUGAS 1

MENGAPA ANDA BELAJAR BISNIS?

Bisnis merupakan tonggak perekonomian. Dengan berbisnis, kita akan menghasilkan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Meskipun begitu, berbisnis tidaklah mudah. Diperlukan pemahaman serta pengetahuan yang cukup agar kita bisa menjadi seorang pebisnis yang ulet dan terampil. Untuk itu, kita perlu belajar untuk memahami apa itu bisnis serta bagaimana cara berbisnis yang baik.

Ada beberapa alasan menurut pendapat saya sendiri mengapa kita perlu belajar bisnis, yaitu:

1. Agar memiliki pemahaman dan pengetahuan yang cukup untuk menjalankan suatu bisnis, dengan begitu kita akan berkompeten untuk bersaing dalam dunia kerja.
2. Dengan belajar bisnis, kita akan mengetahui bagaimana cara berbisnis yang baik, sehingga kita dapat memperoleh keuntungan maksimal sekaligus kepuasan konsumen.
3. Supaya kita mengerti etika dalam berbisnis, agar kita tidak merugikan pihak-pihak lain.
4. Kita akan mampu melihat peluang-peluang yang ada untuk menjalankan bisnis serta berani mengambil resiko yang akan terjadi terhadap bisnis yang kita jalankan.
5. Dengan pemahaman yang baik akan bisnis, maka kita akan mampu menjalankan bisnis yang berhasil yang nantinya akan akan berpengaruh terhadap perekonomian negara.

Kesimpulannya, belajar bisnis akan membuat kita memahami seperti apa dunia bisnis serta menjadikan kita kompeten untuk bersaing di dunia bisnis. Selain itu, dengan pemahaman yang cukup tentang bisnis akan membuat kita mampu menjalankan bisnis yang baik dan berhasil tanpa ada pihak yang dirugikan.

FAKTOR-FAKTOR APA SAJA YANG MEMPENGARUHI IKLIM BISNIS DI INDONESIA?

Iklim dalam berbisnis tentunya sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor yang baik tentunya juga akan manunjang iklim bisnis yang kondusif. Iklim bisnis di Indonesia juga dipengaruhi berbagai faktor. Yang pertama adalah sumber daya, baik SDA maupun SDM. Seperti kita ketahui, SDA negara Indonesia sangat melimpah, namun sayang tidak dibarengi oleh SDM yang berkualitas untuk mengolahnya. Kedua adalah infrastruktur serta sarana dan prasarana yang ada. Ketiga adalah faktor kebijakan pemerintah yang juga mencakup pembayaran pajak, bea dan cukai. Faktor selanjutnya adalah upah tenaga kerja yang terkadang terlalu kecil sehingga mengundang konflik antara pekerja dan petinggi-petinggi di perusahaan. Faktor terakhir adaalah pelanggaran-pelanggaran hukum yang sering terjadi di dunia bisnis, seperti korupsi, penipuan, persaingan bisnis yang tidak sehat, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar