Rabu, 22 Desember 2010

Kuliah dan Gitar

     Sebagai seorang mahasiswa yang menyukai musik, tentu saja selain kuliah saya juga punya kegiatan lain yaitu main musik. Oleh karena itu saya dituntut untuk bisa membagi waktu antara kuliah dan main musik. Awalnya mungkin sedikit susah karena ternyata keinginan bermain musik lebih kuat daripada untuk kuliah. Saya adalah seorang gitaris dan musik yang saya sukai musik-musik keras yang membutuhkan skill tinggi. Sebagai gitaris, saya membutuhkan waktu lebih untuk berlatih di rumah, karena pola-pola nadanya rumit. Hal ini yang membuat saya terkadang terlalu asyik mempelajari gitar daripada belajar materi kuliah. hal ini juga yang memuat saya agak malas uliah saat awal-awal masuk kuliah.

     Materi-materi baru dari guru gitar saya, Mas Eko Barong, membuat saya semakin sering berkutat dengan gitar daripada membaca diktat-diktat kuliah. Apalagi setiap pertemuan, materi yang didapat semakin sulit dan membutuhkan ketekunan yan]g tinggi, agar cepat menguasainya. Alhasil, makin jauhlah saya dari buku-buku kuliah. Setiap hari saya meluangkan waktu dua jam untuk fingering dan tidak sama sekali untuk belajar materi kuliah. Hasilnya, saya bertambah pandai main gitar, tetapi materi kuliah tiak ada yang saya pahami.
   
     Semua berubah ketika masa perkuliahan memasuki pertengahan. Setelah dipikir-pikir, selama sebulan lebih waktu kuliah terbuang percuma. Kalau begini terus bisa-bisa kuliah berantakan. Kasian orangtua yang sudah membiayai kuliah. Setelah itu saya mulai mengatur waktu, jam untuk belajar serta jam untuk main gitar saya bagi dengan seimbang. Tapi tetap saja, waktu untuk bermain gitar ternyata lebih lama daripada untuk belajar. Masih sulit membagi waktu hingga benar-benar seimbang.
   
     Teman-teman saya banyak yang lebih mahir bermain gitar dibandingkan saya, itu semakin membuat saya terpacu untuk sejajar dengan mereka. Hal ini juga yang membuat saya lebih terfokus untuk mempelajari gitar lebih dalam. Sampai saat ini saya masih berusaha menyeimbangkan porsi belajar dan bermain gitar. Agar kuliah lancar dan main gitar pun semakin handal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar