Selasa, 03 Januari 2012

Sekilas Tentang Beberapa Gitaris Favorit Saya

Sebagai seorang gitaris, sudah tentu saya memiliki gitaris favorit, baik sebagai idola maupun influence dalam bermain gitar. Beberapa gitaris yang menjadi panutan saya berasal dari luar negeri maupun dalam negeri. Berikut akan saya share mengenai profil singkat mereka.

Paul Gilbert
Yang pertama adalah Paul Gilbert. Lahir pada tanggal 6 November 1966 di Illionis, USA. Nama lengkapnya adalah Paul Brandon Gilbert. Gitaris yang dikenal memiliki alternate picking sangat cepat ini merupakan salah satu dari dewa gitar dunia. Paul mendapat pendidikan musik di Guitar Institute of Technology (GIT) dan menjadi salah satu instruktur gitar di sana. Paul dikenal luas sebagai Gitaris grup band Mr. Big dan juga Racer X. Beberapa lagu favorit saya dari gitaris yang satu ini antara lain Scarified, Technical Difficulties, Viking Kong, The Curse of Castle Dragon, Boku No Atama, To Be With You, Fuzz Universe, I Cannot Tell A Lie, dan lainnya.  Paul disponsori oleh perusahaan gitar terkenal yaitu Ibanez, dia menggunakan gitar sendiri yaitu Ibanez Paul Gilbert Model (Ibanez PGM) signature series.

Corey Beaulieu
Gitaris idola saya yang berikutnya adalah Corey Beaulieu, gitaris bertubuh besar. Gitaris kelahiran tahun 1983 ini merupakan gitaris dari band metal asal Florida, Trivium. Saya sangat menyukai permainannya karena permainan yang harmonis, dengan nada-nada diminished yang sering digunakannya dalam lagu-lagu Trivium. Corey termasuk salah satu gitaris metal yang bergaya shredder, setidaknya menurut pandangan saya. Dia selalu menggunakan gitar merk Jackson, seri King V.

Yngwie Malmsteen
Yngwie Malmsteen, gitaris bergaya neo classic yang selalu berduaan dengan fender Stratocaster, gitar sehidup sematinya. Gitaris kelahiran tahun 1963 di Swedia ini sangat kental dengan nada-nada arpeggio dan diminished dalam scale harmonic. Permainan cepat dan petikan nada-nada tinggi yang melengking menjadi ciri khasnya tersendiri.

Matt Heafy
Matthew Kichi Heafy atau lebih dikenal dengan nama Matt Heafy ini merupakan gitaris sekaligus vokalis Trivium, berduet dengan Corey Beaulieu. Gitaris yang tanggal 26 Januari nanti berusia 26 tahun ini merupakan former dari Trivium. Teknik picking cepat dan permainan yang harmonis dengan corey merupakan daya tarik sendiri. Gitar yang digunakannya antara lain Gibson Les Paul serta Dean.

Mark and Willie
 Mark Morton dan Willie Adler, duet gitaris band metal asal Richmond, Lamb Of God. Mark dan Willie memiliki karakter sound yang kuat, berat, dan gahar. Keduanya lah yang membuat Lamb Of God sangat berkarakter. Meskipun jarang mengambil lead dalam lagu-lagu mereka, tapi riff-riff rhythm yang mereka ambil sangat sulit dan ribet. Itulah yang membuat saya menyukai mereka berdua. Mark menggunakan Jackson sedangkan Willie menggunakan ESP.

Mark Tremonti
Mark Tremonti, gitaris Alter Bridge dan eks Creed. Gitaris yang satu ini berbeda dengan gitaris lainnya, menurut saya pribadi. Nada-nada unik yang keluar dari liukkan jarinya begitu terasa di lagu-lagu Creed dulu. Sampai sekarang di Alter Bridge pun permainannya masih sama, hanya ditambah shredding saat mengambil lead.

Abdee Negara
Abdee Negara, siapa sih yang ngga kenal? Gitaris papan atas Indonesia yang tergabung dalam band legendaris SLANK. Gaya bermain yang menonjolkan Rock-Blues menjadi ciri khas dari gitaris yang lahir di Donggala ini. Selain itu, aksi panggung yang energik juga menjadi alasan saya begitu mengidolai gitaris yang satu ini.

Itulah beberrapa gitaris yang menjadi idola sekaligus menginspirasi saya dalam bermain musik, khususnya gitar. Sebenarnaya masih banyak gitaris yang saya suka, tapi hanya gitaris-gitaris di atas lah yang benar-benar menjadi inspirator saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar